Boru Purba Apes! 3 Bandit Kuras Isi ATM Rp75 Juta

sikat isi ATM

Topmetro.News – Kuras isi ATM senilai Rp 75 juta. Begitulah aksi 3 pelaku dengan cuma bermodalkan congkel gigi. Para tersangka sindikat pembobol ATM berhasil menguras isi ATM milik korban atas nama Fatimah Purba sebanyak Rp 75 juta, Senin (30/8/2021) lalu.

Atas laporan korban, Polres Rohil cepat bertindak, sehingga tiga tersangka yang berinisial TN (38) warga Desa Plumbungan Rt 003 Rw 005 Palemgaung Kecamatan Karang Malang Kabupaten Sragen Provinsi Jawa Tenggah, RD (35) warga Jalan Balam Gang Balam Ujung No 9 Rt 004 Rw 007 Kelurahan Labuhbaru Timur Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru Provinsi Riau dan Ge (32) warga Cikande Permai A 3/9 RT 01 RW 01 Kelurahan Cikande Permai Kecamatan Cikande Kabupaten Serang Provinsi Banten.

Mereka ‘digulung’ tim gabungan dari Polsek Bangko dan Polres Rohil, Sabtu (4/9/2021) di Hotel MTM Padang Sidimpuan.

Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK pada konferensi pers yang digelar Senin (6/9/2021) menjelaskan tindak pidana pencurian dengan cara membobol mesin ATM dengan menggunakan congkel gigi terjadi di Jalan Pahlawan Kelurahan Bagan Timur Kecamatan Bangko Kabupaten Rohil – Riau, tepatnya di mesin ATM Bank Riaukepri yang ada di Rumah Sakit Umum Dr. Pratomo Bagansiapiapi, Senin (30/8/2021).

“Akibat dari tindakan pidana pencurian yang lakukan tiga tersangka, korban Fatimah Purba menderita kerugian Rp 75 000.000,” kata dia.

Nurhadi menjelaskan tiga tersangka mempunyai peran masing-masing. Tersangka TN berperan memasang tusuk gigi di mesin ATM Bank Riau. Selanjutnya menukar kartu ATM milik korban.

Setelah itu mentrasfer uang dari ATM korban ke rekening RD dan ke rekening Rosman Roy dan melakukan tarik tunai bersama dengan RD.

Kemudian tersangka RD berperan membantu korban saat ingin mengeluarkan kartu ATM dari mesin dan meminta korban memasukkan nomor PIN kembali.

“Saat itulah, tersangka mengingat PIN ATM yang dipencet korban di ATM Bank Riau. Sedangkan tersangka Ge berperan sebagai sopir mobil sekaligus memantau situasi di sekitar. Ketika kedua temannya sedang beraksi,” jelas Kapolres.

TOPIK SERUPA | Bidan Cantik Bobol ATM Rekan Sendiri, Rp16 Juta Lewong

Seperti diberitakan topmetro.news sebelumnya seorang oknum bidan salah satu rumah sakit swasta di Jalan Bilal Medan diamankan personel Tekab Polsek Medan Timur.

Sebab, tersangka TND (25), warga jalan Datuk kabu Pasar 3, Medan Tembung itu telah mencuri ATM dan menguras isi tabungan rekannya sesama bidan hingga mencapai Rp16 juta.

“Korban dan pelaku sama-sama bekerja di rumah sakit tersebut,” terang polisi, Jumat (19/6/2020) silam.

Polisi menjelaskan, kasus pembobolan ini berawal dari korban Rice Mutiara (25), warga Jalan Keadilan Sampali pada April 2020 silam menyadari kartu ATM yang disimpannya di balik casing handphone (HP) hilang.

“Korban sempat bertanya dengan pelaku yang saat itu tinggal sekamar dengannya. Namun, pelaku mengaku tidak mengetahui keberadaan ATM korban. Bahkan pelaku (oknum bidan, red) menyarankan urus ke bank dengan alasan tertelan mesin ATM,” tukas polisi.

sumber/foto | riausky
reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment